Cara Menghemat Pengeluaran untuk Mahasiswa Rantau

Sebagai mahasiswa rantau sudah seharusnya dapat mengatur dalam hal pengeluaran. Jangan sampai kita hidup boros dan menggunakan uang bulanan yang dimiliki untuk hal – hal yang tidak berguna. Berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk hidup hemat dan menekan biaya pengeluaran saat merantau. 

 

1. Catat Pengeluaran Setiap Hari

Mencatat pengeluaran setiap hari sehingga diakhir bulan anda dapat melihatnya lagi. Dengan begitu, anda akan tahu seberapa besar biaya hidup anda dalam sebulan untuk biaya makan, kebutuhan mandi, jajan, dan yang lainnya. Setelah itu, anda dapat melihat biaya mana yang paling besar dan sekiranya dapat anda kurangi

 

2. Memasak Makanan Sendiri

Memasak makanan untuk dimakan sehari – hari akan lebih murah biayanya daripada harus membelinya di tempat makan. Jika di tempat makan mie instan memiliki harga sekitar 6.000, anda dapat membelinya di warung seharga 3.000 dan memasaknya sendiri di kos sehingga biaya untuk makan akan lebih murah.

 

3. Mencuci Pakaian Sendiri

Hal ini juga dapat dilakukan secara sendiri. Lebih murah membeli sabun cuci pakaian untuk mencuci baju sendiri daripada menggunakan jasa laundry. Memang selisihnya berbeda sedikit. Namun, jika ada cara yang lebih hemat mengapa anda tidak memilihnya.

× Konsultasi Gratis